Cara Merawat Kulit Sensitif

Cara Merawat Kulit Sensitif

Kulit kamu termasuk sensitif? Inilah tips dan trik untuk merawatnya

Jika Anda merasa memiliki kulit sensitif maka lakukan langkah-langkah berikut untuk perawatan kulit. Karena perawatan kulit merupakan hal sangat penting terutama bagi mereka yang selalu ingin tampil meyakinkan dan memang sangat penting untuk kecantikan. Benerkan? Setiap orang memiliki karakter kulit yang berbeda-beda. Ada berbagai macam karakter, sangat banyak sekali, tapi dari sekian banyak itu kita persingkat saja menjadi dua jenis (secara garis besarnya), yaitu kulit yang termasuk sensitif dan yang tidak sensitif. Nah termasuk yang manakah Anda?

Jika Anda termasuk memiliki kulit yang sensitif maka Anda berada di blog yang tepat karena kali ini akan dibahas cara merawat kulit sensitif, yaitu:

  •           Sebaiknya anda cari produk kulit dengan label for sensitive skin. Atau produk yang mengandung bahan tumbuhan anti inflammatory yang menenangkan seperti chamomile atau aloe agar kulit anda tetap terjaga. Bisa dicek biasanya dikemasannya selalu tertera.
  •          Bersihkan make up dengan pembersih lembut yang tidak mengandung sabun (soap free) atau pembersih make up (make up remover) yang lembut. Saat membersihkan wajah, gunakan air, tisu atau make up remover wipe (tisu pembersih khusus make up siap beli yang sudah dibasahkan). Hindari waslap karena terlalu keras dan jangan gunakan air dingin atau air panas karena suhu ekstrim dapat mengiritasi kulit anda secara cepat.
  •          Hindari scrub dengan bulir-bulir. Jika kulit anda sangat sensitif maka kemungkinan anda harus tinggalkan eksfoliasi sama sekali. Jika kulit anda berminyak sebaiknya coba gunakan pembersih yang mengandung ingredient salicylic acid untuk membuka sumbatan pori. Karena ingredien ini lebih lembut untuk kulit sensitif daripada scrub.
  •          Gunakanlah penyegar yang tidak mengandung alkohol. Karena produk yang mengandung alkohol akan memicu reaksi pada kulit sensitif. Sebaiknya anda pilihlah penyegar yang mengandung lavender atau witch hazel.
  •           Bereksperimen secara hati-hati. Jangan anda mencoba produk-produk baru secara sekaligus. Jika anda tidak yakin bagaimana reaksi kulit anda terhadap suatu produk sebaiknya lakukan tes kulit terlebih dahulu. Cobalah produk pada sebagian kecil dan tunggu 24 jam untuk melihat apakah kulit anda bereaksi.
  •          Pilihlah sunblock dan pelembab yang mengandung anti sinar matahari. Agar wajah anda terlindung dari sinar ultraviolet matahari, sebaiknya anda gunakan sunblock yang mengandung zinc atau titanium dioxide. Karena tidak diabsorp ke dalam kulit sebab keduanya cenderung mengurangi iritasi pada kulit wajah anda.
  •           Jika produk kosmetik mengiritasi kulit anda seperti tersengat dan wajah yang memerah biasanya merupakan tanda pertama dan sebaiknya anda segera hentikan pemakaian produk tersebut. Jika anda menderita simptom ini dan menjadi bengkak dalam waktu 24 hingga 36 jam sesudah menggunakannya maka kemungkinan anda alergi terhadap ingredient di dalam produk tersebut. Jadi sebaiknya anda berhati-hati terhadap produk kosmetik yang beredar di pasaran. Janganlah anda memilih kosmetik tersebut didasarkan dari harganya yang murah saja tetapi anda harus melihat ingredientnya juga.


Demikian tips dan petunjuk cara merawat kulit sensitif semoga berguna sehingga Anda bisa tampil lebih percaya diri.

0 Response to "Cara Merawat Kulit Sensitif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel